Selasa, 25 Maret 2014

Usus Buntu Pada Anak

Usus Buntu Pada Anak

Apendiks (usus buntu/umbai cacing) suatu badan kecil berlumen seperti usus, banyak menganggap merupakan bagian dari usus halus, tetapi menempel pada usus besar dan belum diketahui pastik kegunaan cabang usus yang kecil ini. Seperti yang terlihat usus buntuk pada anak kelihatannya tidak menimbulkan komplikasi apa-apa. Ukuran usus buntu sebesar jari telunjuk. Penyakit usus buntu pada anak sering menjadi hal yang menakutkan bagi para ibu karena harus melakukan operasi.
Peradangan usus buntu pada anak (umbai cacing) sering merupakan keadaan darurat yang memerlukan tindakan operasi pada anak-anak. Sedangkan diagnosois peradangan usus buntuk pada anak-anak sedangkan diagnosis peradangan usus buntu pada anak-anak, sering salah hingga peradangan usus buntu sudah menjadi pecah (ruptur danperforasi).
anak-sakit-perut (1)
Di Amerika radang usus buntu pada anak merupakan penyakit yang sering memerlukan tindakan operasi. Dan sering menimpa anak usia sekolah, meskipun sebenarnya bisa juga menyerang anaj usia lebih muda.
Peradangan usus buntu pada anak bisa terjadi pada setiap umur, juga pada umur bayi <1 tahun. Radang usus buntu lebih sering pada anak laki-laki dibanding anak perempuan dan lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding usia dewasa muda.
Sering para petugas kesehatan bingung menetapkan gejala radang usus buntu pada anak, karena tidak jarang seperti gejala flu perut (gastroenteritis). Disamping itu tidak ada gejala yang khas untuk penyakit radang usus buntu pada anak sekolah.
Posted in Gejala Usus Buntu | Tagged , , ,, , , , , , , , , , , ,  | Leave a comment

Gejala Usus Buntu Pada Anak

Penyakit usus buntu disebabkan oleh menipisnya dinding usus buntu sebagai akibat dari pengaruh angin atau gas yang masuk ke dalam usus. Angin atau gas ini seharusnya keliar menjadi kentut, tetapi tidak keluar karena ditahan-tahan. Dengan demikian, angin atau gas kembali ke dalam usus besar dengan kemungkinan sangat kecil untuk dapat keluar. Hal ini mengakibatkan perut menjadi sakit.,
Dengan demikian usus buntu terjadi karena usus buntu kemasukan gas/ angin hasil dari pembusukan dan bukan oleh biji-bijian ke dalam usus (usus buntu) sekalipun bentuk kotorannya seperti biji-bijian.
Gejala-gejala penyakit usus buntu ada sebagai berikut:
  1. Perut bagian bawah terasa sakit sewaktu ditean
  2. Sakitnya semakin trerasa dari hari ke hari
  3. Sakitnya tidak tertahankan dan menjalar sampai telapak kaki, sampai tak dapat menggerakkan dan mengangkat kaki kanan.
Peradangan usus buntu jarang terjadi pada anak di bawah usia dua tahun tetapi dapat terjadi pada anak yang lebih besar terutama pada anak remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar